Selasa, 23 November 2010

RANCANG BANGUN APLIKASI PEMANTAU TINGKAT KEAMANAN PADA KOMPUTER CLIENT

Hampir setiap bulan, minggu, bahkan mungkin setiap hari bermunculan varian virus baru. Perkembangan virus terkadang bisa lebih cepat dari sebuah program antivirus. Begitu dahsyatnya sebuah virus sehingga bisa menyebabkan kerugian bagi komputer yang terjangkiti. Begitu juga spyware yang tak kalah menjadi ancaman yang cukup serius. Menururut Prastowo, bahkan spyware ini lebih berbahaya dibandingkan dengan virus. Karena spyware ini mampu mencuri semua data pribadi pengguna, termasuk password, nomor credit card, dan sebagainya. (Pusteka, 2009)

Menurut Prastowo, beberapa tips untuk menghindari atau mencegah masuknya virus dan spyware adalah dengan mengupdate komputer anda dengan menginstall semua security patch yang disediakan microsoft dan menginstall antivirus yang diupdate secara berkala. (Pusteka, 2009). Cara instalisasi antivirus dan security patch yang cukup mudah dilakukan baik orang awam sekalipun, membuat solusi ini bisa dibilang ampuh untuk menanggulangi keberadaan virus dan spyware.

Sampai saat ini windows XP masih tetap menjadi sistem operasi Microsoft paling populer. (detikINET, 2010). Karena banyaknya penggunaan dari sistem operasi ini maka tingkat keamanannya pun sering disoroti. Ancaman keberadaan virus dan spyware di sistem operasi ini menuntut digunakannya antivirus dan security patch yang selalu update. Kendala banyaknya komputer pada suatu organisasi/perusahaan membuat administrator jaringan akan merasa kesulitan untuk melakukan monitoring tingkat keamanan pada masing-masing komputernya.

Berdasarkan permasalahan diatas, penulis ingin membuat suatu sistem yang dapat memantau tingkat keamanan pada komputer client pada suatu jaringan komputer untuk mempermudah pekerjaan seorang administrator. Dengan menggunakan aplikasi client server, sistem ini diharapkan mempermudah administrator mengetahui secara cepat dan tepat kondisi tingkat keamanan dari komputer client, sehingga dapat mengambil keputusan untuk memaksimalkan keamanan dari sistem tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Site Info

About Me

Foto saya
Surabaya, Jatim, Indonesia
Aditya itulah namaku... seorang anak dari 3 bersaudara yang dilahirkan di sebuah desa yang hijau. Ketertarikan di dunia "Teknologi Informasi" membawaku melanjutkan pendidikan ke sebuah kampus berbasis IT..

ORANG DESA Copyright © 2009 Editing by Aditya